5 Amalan Sepele Yang Dapat Membuka Pintu Surga

Orang islam yang bisa masuk ke dalam surga dan bertemu dengan Allah, adalah orang-orang pilihan yang selama hidupnya di dunia menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya secara sungguh-sungguh.
Tetapi, orang yang sudah mengerjakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya, jangan merasa memiliki amalan kebaikan yang banyak dan lantas layak untuk masuk surga. Muslim dan muslimah yang baik harus selalu rendah hati dan takut kepada Allah SWT. Bukankah amalan itu tergantung pada niatnya?


Meskipun kita sering melakukan amalan kebaikan yang besar dan ibadah sepanjang waktu, tetapi karena niat kita keliru, Apalagi hanya sekedar pamer, maka di sisi Allah SWT, amalan kebaikan itu tidak ada artinya sama sekali disisi Allah SWT.


Sebaliknya, justru ketika kita melakukan amalan kebaikan yang ringan yang selama ini sering dianggap sepele, jika dilakukan dengan niat yang benar semata-mata hanya karena Allah, bisa menjadi sangat mulia dan bernilai di sisi Allah. Amalan kebaikan yang sepele tersebut dijanjikan dapat membuka pintu surga-Nya. Mari kita ketuk pintu-pintu surga dengan amalan  berikut ini :


1.  Memberi Minum Binatang


Kita saat ini sudah banyak yang tak peduli pada binatang, Seperti kucing yang sedang kelaparan dan kehausan, Bahkan kita tidak segan untuk menyakiti kucing yang ingin meminta makanan dari kita dan mengusirnya. Padahal, memberi minum binatang ini menjadi salah satu amalan kebaikan yang dapat menghantarkan seseorang ke dalam surganya Allah SWT.

Masih ingatkah dengan cerita Rasullullah SAW saat menceritakan seorang laki-laki yang memberi minum seekor anjing. Kemudian Allah SWT mengampuni dosa-dosa laki-laki itu dan memasukkannya ke dalam surga.

Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, diceritakan oleh Abu Hurairah, Rasullullah SAW bersabda “Ketika sedang melakukan perjalanan, seorang laki-laki merasa haus, lalu ia menuju ke sebuah sumur dan minum air. Setelah ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya dan memakan pasir karena kehausan. Lelaki itu bergumam ‘Anjing ini telah merasa kehausan seperti yang telah aku rasakan’. Ia pun kembali menuju sumur dan memenuhi sepatunya dengan air, lalu memberikan minum anjing tersebut. Maka Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni segala dosanya. Mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasullullah, apakah kita akan mendapatkan pahala dengan memberi minum binatang? Beliau menjawab: ‘Pada setiap limpa yang basah, terdapat pahala’”.


2.  Menyingkirkan Gangguan dari Jalan



Jika kita sedang berjalan, entah itu naik kendaraan atau jalan kaki, Kemudian kita menemukan rintangan di jalan berupa batu yang tergeletak di tengah jalan, bambu yang menghalang, atau mungkin kulit pisang yang dibuang sembarangan, Lantas kemudian kita menyingkirkan rintangan tersebut. Maka, itu akan dicatat sebagai amalan kebaikan di sisi Allah SWT.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, maka ia akan masuk surga” (HR. Bukhari).


3. Menjenguk Orang Sakit


Sesibuk-sibuk apapun kita, sempatkanlah untuk menjenguk saudara, teman,dan bahkan tetangga kita yang sedang sakit. Amalan kebaikan ini dicatat sebagai pahala yang tinggi di sisi Allah SWT. Allah SWT menjanjikan mereka yang menjenguk orang-orang sakit, posisi yang mulia di Surga-Nya.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru: ‘Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga’”(HR Tirmidzi dari Abu Hurairah, r.a.).

4. Senyum dan Ceria




Menebar senyum dan salam pada semua orang merupakan sebuah kebajikan yang dijanjikan ganjaran pahala dan surga oleh Allah. Oleh karena itu, muslim dan muslimah yang baik harus bersikap yang ramah